manfaat melaksanakan aqiqah

Manfaat dari Melaksanakan Aqiqah

 

Menurut terminologi syariah ( fiqih ) aqiqah adalah hewan yang disembelih sebagai wujud syukur atas karunia yang diberikan Allah SWT atas lahirnya seorang anak baik laki-laki atau perempuan.

Adapun manfaat aqiqah :

 

  1.  Memberikan berita baik perihal kelahiran anak kepada tetangga sekaligus memberikan informasi tentang nasab anak agar tidak terjadi persangkaan buruk oleh para tetangga.

 

  1.  Mencerminkan sikap murah hati dan dermawan yang nantinya akan menghilangkan sikap kikir, sombong dan pelit.

 

  1. Melepaskan status anak yang tergadai, karena anak yang baru lahir kalau belum di aqiqahi statusnya adalah tergadai. Yang mana kalau tergadai ya harus ditebus terlebih dahulu agar bisa mendapatkan manfaatnya.

 

  1. Aqiqah juga sebagai penghalang serta pembebas dari gangguan setan, karena bayi yang baru lahir akan senantiasa diganggu setan sehingga bayi akan lebih terlindungi, karena setan akan berusaha untuk menjadikan si bayi menjadi pengikutnya.

 

  1. wujud pendekatan diri terhadap Allah SWT yang sekaligus merupakan bentuk dari rasa syukur atas karunia yang dianugerahkan Allah SWT bersama lahirnya sang anak.

 

  1. Mengajak orangtua untuk berusaha mendidik, membina serta menjadikan anak turunnya menjadi anak yang shaleh dan shalehah.

 

Melihat manfaat Aqiqah ini, alangkah baiknya para orangtua yang belum melaksanakan aqiqah untuk anaknya agar berupaya untuk melaksanakannya.

Sebenarnya aqiqah kalau sudah direncanakan sejak awal, aqiqah tidak memberatkan para keluarga.  Makanya menjadi hal yang penting untuk mempersiapkan materi untuk meyambut kelahiran sang bayi.

Masih banyak manfaat dan faedah lainnya dengan melakukan Aqiqah lainnya. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *